Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi:

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Di Dunia yang saling terkait saat ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) banyak digunakan oleh Negara kita dan mempengaruhi kehidupan kita setiap hari. Interaksi antar perangkat, sistem, dan manusia berkembang pesat. Bisnis perlu memberi karyawan dan pelanggan akses yang lebih besar ke sistem dan Informasi. Ini mungkin memerlukan pembaruan infrastruktur yang ada, pelatihan guru, dan pengembangan materi kursus yang berkualitas.

Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi: 

Sebagai manusia kita selalu terhubung dengan banyak hal penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan penggunaan gadget Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam gaya hidup kita, banyak perhitungan yang memakan waktu dan tugas-tugas berat menjadi lebih mudah dan kontak sosial telah meningkat.

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi:

Dampak Positif TIK

Dampak Negatif TIK

Akses cepat dan mudah ke informasi

Kehilangan Pekerjaan

Tawarkan alat baru, dan peluang baru

Mengurangi interaksi pribadi

Meningkatkan operasi Organisasi

Aktivitas fisik berkurang

Komunikasi

Mahal

Respon fleksibel

Kebutuhan akan Keamanan yang ditingkatkan

Dampak Positif TIK:

Akses Cepat dan Mudah ke Informasi

Kemudahan dalam mengakses sejumlah besar informasi yang disediakan oleh internet menimbulkan masalah. Masyarakat saat ini hidup di dunia yang penuh dengan informasi dengan mendapatkan informasi melalui internet dengan mudah. Dengan menggunakan internet, ada kontroversi bahwa mengakses sejumlah besar informasi yang disediakan internet dapat menimbulkan masalah. Dan saya sangat setuju dengan pernyataan ini dengan alasan bahwa mungkin ada pengetahuan yang salah yang dapat menyesatkan orang dan pengetahuan yang tidak tepat dapat berbahaya dengan memberi mereka efek negatif.

Tawarkan alat baru, dan peluang baru

Teknologi ini membantu dalam meningkatkan akses ke pendidikan, dalam bentuk tutorial online, dan pembelajaran jarak jauh. Orang-orang dapat menikmati mode pembelajaran yang lebih baru sebagai realitas virtual, dan multi-media interaktif. Kerja bergerak, jadwal kerja fleksibel, kantor virtual, dll. membantu orang-orang menikmati peluang kerja yang lebih baik di bidang komunikasi.

Meningkatkan operasi Organisasi:

Menganalisis dan meningkatkan proses bisnis dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk menambah nilai bagi perusahaan Anda. Seiring pertumbuhan dan perubahan bisnis, mau tidak mau, proses dan operasi bisnis secara bertahap akan menjadi lebih kompleks. Ini karena biasanya akan ada lebih banyak orang yang terlibat dalam operasi, data akan digunakan oleh sistem yang berbeda dan di beberapa platform, dan akan ada variabel yang ditambahkan.

Komunikasi

Komunikasi adalah kata Latin yang berarti 'berbagi'. Ini adalah berbagi informasi antara individu yang berbeda. Ini termasuk berbagi ide, konsep, imajinasi, perilaku, dan konten tertulis. Komunikasi secara sederhana didefinisikan sebagai transfer informasi dari satu tempat ke tempat lain. Transfer informasi ini dapat dilakukan dengan cara yang berbeda. Komunikasi adalah proses yang sederhana, namun menunjukkan kompleksitas dalam beberapa aspek. Cara komunikasi yang berbeda dan jarak yang diperlukan untuk mentransfer informasi membuat proses menjadi rumit.

Respons fleksibel

Respon fleksibel adalah strategi pertahanan yang diterapkan oleh John F. Kennedy pada tahun 1961 untuk mengatasi skeptisisme pemerintahan Kennedy terhadap Tampilan Baru Dwight Eisenhower dan kebijakan Pembalasan Massive. Respons yang fleksibel memerlukan pencegahan bersama di tingkat strategis, taktis, dan konvensional, yang memberi Amerika Serikat kemampuan untuk menanggapi agresi di seluruh spektrum peperangan, tidak terbatas hanya pada senjata nuklir.

Dampak Negatif TIK:

Kehilangan Pekerjaan

Kehilangan pekerjaan mengacu pada hilangnya pekerjaan karena perubahan ekonomi struktural mendasar yang berbeda dari fluktuasi sementara dalam permintaan. Perubahan struktural tersebut meliputi inovasi teknologi, perubahan pola perdagangan internasional, pergeseran lokasi kegiatan, dan perubahan struktur ketenagakerjaan dan organisasi di dalam perusahaan.

Mengurangi interaksi pribadi

Studi tentang interaksi sosial melibatkan penilaian yang cermat terhadap praktik komunikasi sehari-hari antara orang-orang dalam berbagai (biasanya) konteks kehidupan nyata, seperti kunjungan dokter-pasien, organisasi, dan komunikasi manusia-komputer. Cendekiawan yang memusatkan pekerjaan mereka di bidang ini cenderung berada di salah satu dari dua jalur penelitian: peneliti kualitatif yang fokus pada seluk-beluk bahasa dan komunikasi nonverbal (yaitu, umumnya, mereka yang menyelaraskan diri dengan bidang yang disebut bahasa dan interaksi sosial) dan sarjana yang menggunakan berbagai metode, tetapi khususnya pendekatan ilmu sosial, untuk menilai konstruksi dan pola yang terlibat ketika orang berinteraksi satu sama lain. Jalan penelitian ini bisa sangat berbeda satu sama lain, dan kadang-kadang terlihat tidak sesuai, tetapi bersama-sama memungkinkan pembaca untuk menyaksikan kompleksitas manusia.

Mahal

Salah satu dampak negatif terbesar dari TIK adalah hilangnya pekerjaan seseorang. Ini memiliki konsekuensi ekonomi, kehilangan pendapatan, dan konsekuensi sosial, kehilangan status dan harga diri. Kehilangan pekerjaan dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk: Operasi manual digantikan oleh otomatisasi. misalnya robot menggantikan orang di jalur perakitan. Ekspor pekerjaan. misalnya Pekerjaan pemrosesan data dikirim ke negara lain yang biaya operasionalnya lebih rendah. Beberapa pekerja digantikan oleh jumlah yang lebih kecil yang mampu melakukan jumlah pekerjaan yang sama. misalnya Seorang pekerja di kasir supermarket dapat melayani lebih banyak pelanggan per jam jika pemindai kode batang yang ditautkan ke kasir terkomputerisasi digunakan untuk mendeteksi barang alih-alih pekerja harus memasukkan barang dan harganya secara manual.

Mengurangi interaksi pribadi

Bekerja dari rumah biasanya dianggap sebagai efek positif dari penggunaan TIK, tetapi bisa juga ada aspek negatifnya. Kebanyakan orang membutuhkan beberapa bentuk interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari mereka dan jika mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan berbicara dengan orang lain, mereka mungkin merasa terisolasi dan tidak bahagia.

Aktivitas fisik berkurang

Efek negatif ketiga dari TIK adalah bahwa pengguna dapat mengadopsi gaya hidup yang lebih menetap. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Banyak negara memiliki peraturan tempat kerja untuk mencegah masalah seperti cedera regangan berulang atau kelelahan mata, tetapi kurangnya latihan fisik jarang dianggap sebagai bahaya kesehatan tertentu.

Kebutuhan akan Keamanan yang ditingkatkan

pola pikir yang mengarahkan Anda untuk melihat perilaku/keadaan yang tidak biasa atau mencurigakan dan melaporkan pengamatan Anda kepada pihak berwenang dengan cara yang logis, rasional, dan tepat waktu. Ini tidak dimaksudkan untuk menimbulkan ketakutan dan kepanikan. Ini dirancang agar orang-orang menjalankan bisnis normal mereka sambil sangat memperhatikan lingkungan mereka.



















Post a Comment

Previous Post Next Post