Fitur Perangkat Tampilan dan Jenis Perangkat Tampilan

 Perangkat Tampilan

Perangkat tampilan adalah perangkat output yang menampilkan teks, grafik, dan video. Output yang ditampilkan oleh perangkat tampilan disebut soft copy. Tampilan untuk desktop biasanya adalah monitor yang merupakan perangkat fisik terpisah. Layar merupakan bagian dari monitor yang juga termasuk housing untuk komponen elektroniknya. Komputer dan perangkat seluler biasanya mengintegrasikan tampilan dalam wadah fisik yang sama. Beberapa layar memiliki layar sentuh. Perangkat layar tersedia dalam berbagai ukuran.

Fitur Perangkat Tampilan

Perangkat tampilan dapat dibedakan berdasarkan fitur berikut:

  1. Ukuran dan Rasio Aspek
  2. Warna
  3. Resolusi 
  4. Refresh Rate Hijau
  5. Titik Pitch
  6. Adaptor Video

Ukuran dan Rasio Aspek

Tampilan layar diukur secara diagonal dari sudut ke sudut. Tampilan layar tersedia dalam berbagai ukuran. Monitor komputer desktop berkisar dari 17 hingga 30 inci tetapi yang besar tersedia untuk tujuan khusus. Layar laptop biasanya antara 14 dan 17 inci. Netbook biasanya memiliki layar 10 inci. Layar tablet antara 7 dan 10 inci. Sebagian besar tampilan saat ini adalah layar lebar yang berarti mereka menggunakan rasio aspek 16:9 atau 16:10 yang mirip dengan televisi layar lebar. Rasio aspek adalah rasio lebar dengan tinggi.

Warna

Perangkat tampilan bisa monokrom atau berwarna. Layar tampilan warna menampilkan output dalam berbagai warna. Layar tampilan warna juga disebut monitor RGB. Jumlah warna yang dapat ditampilkan monitor disebut kedalaman warna atau kedalaman bit. Layar tampilan RGB dapat membuat 256 warna dan ribuan variasi warna ini. RGB adalah singkatan dari RED, Green dan Blue. Tampilan layar monokrom menampilkan output dalam satu warna. Layar tampilan monokrom menampilkan gambar dalam satu warna biasanya putih, biru, merah atau kuning. Namun, monitor monokrom dapat menampilkan nuansa yang berbeda dari satu warna. Jumlah corak satu warna yang dapat ditampilkan monitor disebut sebagai skala abu-abu.

Resolusi

Resolusi adalah karakteristik penting dari setiap perangkat tampilan. Jumlah piksel yang ditampilkan di layar disebut piksel resolusi layar. Adalah titik atau elemen gambar yang membentuk gambar di layar. Resolusi layar yang lebih tinggi menampilkan lebih banyak informasi daripada resolusi layar yang lebih rendah tetapi semuanya tampak lebih kecil. Resolusi yang lebih tinggi memberikan gambar yang lebih tajam dan jelas. Resolusi menentukan jumlah informasi yang dapat ditampilkan pada satu waktu. Ini dinyatakan sebagai jumlah piksel horizontal dengan jumlah piksel vertikal. 

Tingkat Penyegaran

Refresh rate adalah kecepatan monitor menggambar ulang gambar di layar. Ini juga dikenal sebagai kecepatan pemindaian vertikal atau frekuensi Vertikal. Itu diukur dalam Hertz. Ini menunjukkan berapa kali layar di-refresh dalam satu detik. Penyegaran diperlukan karena fosfor menahan cahayanya selama sepersekian detik. Gambar di layar tampak lebih solid jika refresh rate tinggi. Layar akan berkedip lebih sedikit. Kecepatan refresh harus setidaknya 72Hz. Monitor umum memiliki kecepatan refresh antara 75 dan 85 Hz.

Titik Pitch

Jarak antara setiap piksel pada layar disebut dot pitch atau pixel pitch. Itu diukur dalam milimeter. Perangkat tampilan biasanya memiliki jarak titik antara 26 dan 23. Titik titik yang lebih rendah berarti lebih sedikit ruang kosong di antara piksel dan menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Adaptor Video

Adaptor video adalah papan sirkuit yang menentukan kemampuan grafis komputer seperti:

  • Resolusi layar tersedia
  • Jumlah bit yang digunakan untuk menyimpan informasi warna tentang setiap piksel disebut kedalaman bit
  • Jumlah total warna yang dapat digunakan untuk menampilkan gambar
  • Jumlah monitor yang dapat dihubungkan ke komputer melalui kartu video itu
  • Jenis konektor yang dapat digunakan untuk menghubungkan monitor ke komputer
Kebanyakan kartu video juga memiliki chip memori yang dikenal sebagai RAM video atau VRAM. Digunakan untuk mendukung tampilan grafis. Jumlah RAM video yang cukup diperlukan untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi, kedalaman bit yang lebih tinggi, dan jumlah warna yang lebih banyak. Sebagian besar kartu video saat ini berisi RAM video dari 256 MB hingga 2 GB.
Jenis Perangkat Tampilan
  1. Tabung sinar katoda
  2. Tampilan Panel Datar
  3. Teknologi Tampilan Panel Datar
Tabung sinar katoda
Monitor CRT adalah jenis monitor yang lebih tua. Monitor ini menggunakan tabung sinar katoda. Tabung CRT membuat gambar di layar menggunakan berkas elektron. CRT terdiri dari satu atau lebih senjata yang menembakkan berkas elektronik di dalam layar. Layar dilapisi dengan titik-titik fosfor yang sangat kecil dari dalam. Sinar elektronik berulang kali jatuh di permukaan layar. Setiap jatuhnya sinar hanya membutuhkan sepersekian detik. CRT di monitor warna terdiri dari tiga senjata. Senjata ini menghasilkan warna merah, hijau dan biru (RGB). Warna lain dihasilkan dengan kombinasi ketiga warna tersebut.
Tampilan Panel Datar
Layar Panel Datar menggunakan bahan kimia atau gas bermuatan elektronik di antara panel kaca tipis atau bahan transparan lainnya untuk membentuk gambar. Layar panel datar membutuhkan lebih sedikit ruang dan ringan. Mereka juga mengkonsumsi lebih sedikit daya daripada CRT tetapi lebih mahal daripada CRT. Mereka tidak memancarkan radiasi berbahaya dan menggunakan sinyal digital untuk menampilkan gambar yang lebih tajam. Layar Flat-Panel tersedia dalam berbagai ukuran.
Teknologi Tampilan Panel Datar

Pembuatan layar panel datar kristal cair (LCD) skala besar oleh Jepang membawa perhatian dunia pada keberadaan potensi pasar yang sangat besar ketika ada alternatif untuk tabung sinar katoda (CRT). Orang Jepang telah mengakui bahwa teknologi tampilan baru sangat penting untuk membuat produk mereka sangat kompetitif di pasar dunia. CRT kehilangan pangsa pasar karena layar panel datar solid-state. Jepang saat ini menguasai 90% pasar, dan buku ini menguraikan peluang di bekas Uni Soviet, di mana perusahaan dengan teknologi yang diperlukan mencari mitra, investasi, dan peluang manufaktur. Seluruh kota yang dulunya bahkan tidak ada di peta karena misi militer mereka, kini muncul, dipenuhi dengan teknologi elektronik tercanggih. Buku ini dikembangkan dari laporan yang dikeluarkan oleh peneliti berdasarkan kunjungan lapangan mereka ke 33 situs di Jepang, dan 26 situs di Rusia, Ukraina, dan Belarus.


  

Post a Comment

Previous Post Next Post